Laporan Hasil Survey Kepuasan Masyarakat Puskesmas Punggur
Administrator | 14 Juli 2025 | Dibaca 126 kali |

Puskesmas Punggur – Periode Bulan Januari – Juni 2025

Survei Kepuasan Masyarakat merupakan instrumen evaluasi pelayanan publik yang dilaksanakan secara berkala, bertujuan untuk mengetahui persepsi dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan, sehingga instansi tersebut dapat melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. 

Tujuan SKM:

·         Mengukur tingkat kepuasan masyarakat:

SKM memberikan gambaran tentang seberapa puas masyarakat terhadap pelayanan publik yang mereka terima. 

·         Mendapatkan umpan balik:

Hasil survei dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. 

·         Memperbaiki kualitas pelayanan:

Melalui SKM, instansi dapat mengetahui area yang perlu ditingkatkan dan melakukan perbaikan yang tepat. 

·           Meningkatkan akuntabilitas:

SKM mendorong instansi untuk lebih bertanggung jawab terhadap pelayanan yang mereka berikan. 

·           Mendorong partisipasi masyarakat:

SKM melibatkan masyarakat dalam proses evaluasi pelayanan, sehingga mereka merasa memiliki andil dalam perbaikan

Jumlah Responden SKM

Berdasarkan hasil pengumpulan data, jumlah responden penerima layanan yang diperoleh yaitu 100 orang responden, dengan rincian sebagai berikut :

No

KARAKTERISTIK

INDIKATOR

JUMLAH

PERSENTASE

1

JENIS KELAMIN

LAKI

39

39%

 

 

PEREMPUAN

61

61%

 

 

 

 

 

2

PENDIDIKAN

SD KE BAWAH

23

23%

 

 

SLTP

10

10%

 

 

SLTA

44

44%

 

 

DIII

4

4%

 

 

SI

19

19%

 

 

S2

0

0

 

 

 

 

 

3

PEKERJAAN

PNS

7

7%

 

 

TNI

0

0%

 

 

SWASTA

18

18%

 

 

WIRAUSAHA

14

14%

 

 

LAINNYA

61

61%

 

 

 

 

Kesimpulan

Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat yang dilaksanakan pada periode Januari-Juni tahun 2025, Puskesmas Punggur memperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 85,19, yang termasuk dalam kategori Baik. Capaian ini mencerminkan tingginya tingkat apresiasi masyarakat terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan, sekaligus menjadi motivasi untuk terus meningkatkan mutu layanan secara berkelanjutan.

 “Terima kasih atas partisipasi masyarakat dalam Survei Kepuasan! Puskesmas Punggur terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.”

BAGIKAN :